Senin, 12 Januari 2009

KEMBAR BEDA BERINISIAL A DAN B

Banyak lahir kembar di karangsem kubu desa ban bnjar panek
Istilah kembar terutama menunjuk kepada dua individu yang membagi uterus yang sama dan biasanya, tapi tidak selalu, dilahirkan dalam hari yang sama. Sebuah fetus tunggal di uterus biasanya disebut singleton. Dikarenakan keterbatasan ukuran uterus sang ibu, kelahiran banyak biasanya lebih tidak membawa sampai jangka waktu penuh dibanding dengan kelahiran tunggal (kembar biasanya sekitar 34 sampai 36 minggu). Karena kelahiran prematur biasanya memiliki konsekuensi kesehatan kepada bayi, kelahiran kembar seringkali ditangani dengan prosedur spesial dari kelahiran biasa.



Kembar fraternal (biasanya dikenal sebagai "kembar non-identik") biasanya terjadi ketika dua telur terfertilisasi terimplan di tembok uterus pada saat bersamaan. Kedua telur ini membentuk dua zigot, dan kembar ini juga dikenal sebagai dizigotik.

Kembar dizigotik tidak lebih mirip secara genetik dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion yang terpisah, dengan plasenta terpisah. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama. Namun, kembar yang berbeda kelamin hampir selalu merupakan kembar fraternal.

Kembar identik terjadi ketika telur tunggal difertilisasi untuk membentuk satu zigot (monozigotik) namun kemudian zigot tersebut berpisah menjadi embrio yang berbeda. Kedua embrio berkembang menjadi fetus yang membagi rahim yang sama. Tergantung dari tahapan zigot terpisah, kembar identik dapat membagi amnion yang sama (dikenal dengan monoamniotik) atau tidak (diamnotik). Kembar identik diamniotik dapat membagi plasenta yang sama (dikenal dengan monochorionic) atau tidak (diochorionic). Seluruh kembar monoamniotic adalah monochorionic.

Tidak ada komentar: